Sabtu, 07 Februari 2015

Tips Promosi Laundry

Tips Promosi laundry "terdahsyat"

Begini Promosi Laundry “Dahsyat” Model Tung Desem Waringin
JURAGAN LONDRY – Promosi merupakan cara kita memberi informasi, mengajak kepada orang lain supaya mau atau menggunakan jasa dan produk yang kita tawarkan. Gol dari promosi terjualnya suatu produk atau jasa.
Begitupun dalam bisnis laundry. Promosi itu perlu dilakukan, sepanjang waktu dengan berbagai cara. Misalnya melalui brosur, surat kabar atau melalui media sosial modern seperti FB maupun twitter bahkan blog pribadi.
Nah kali ini saya ingin membahas tentang strategi psomosi saran dari Tung Desem Waringin dalam bukunya Marketing Revolution. Sebtulnya ini tujuh pekat jurus promisi yang masing-masing jurus bisa diterapkan pada berbagai kegiatan promosi dengan produk atau jasa yang berbeda.
Mari kita ambil satu jurus promosi saran Tung Desem Waringin. Yakni fokus pada USP. U : ultimate adventage. S: Sesantional offer dan P: Powerfull promise.
Pertama ultamate advantege. Kita sudah tahu bahwa bisnis laundry merupakan bisnis seputar jasa mencuci, tidak lebih. Semua pebisnis laundry melakukan hal yang sama. Nah bagaimana supaya kita memberi penawaran yang ultimate advantage sehingga calon pelanggan terkesan dan mau menjadi pelanggan setianya.
Ultamate adventege artinya kita menonjolkanj apa yang lebih dari jasa laundry yang kita punya. Silahkan eksplor kelebihan laundry yang sedang kita jalankan.
Misalnya jika laundry pesaing menawarkan cucian 2 hari, coba berikan penawaran “Cuci 6 jam atau satu hari selesai. Tidak selesai uang kembali atau tidak dibayar”
Silahkan buat dispanduk besar-besar “laundry buka 24 jam, sehari selesai. Tidak selesai jangan dibayar. Wangi sepanjang hari”. Walaupun tentu saja kita juga memberi catatan ketika pelangan datang, yang sehari selesai dengan hahrag sekian, lebih mahal dari pada yang biasa. Lalu yang bisa dikerjakan sehari minimal 3-5 kg pakaian pelanggan.
Kedua, sensation offer atau penawaan yang sensasi. Beri penawaran yang bombastis namun tetap rasional. Banyak kata yang mesti anda coba baik di sepanduk maupun leaflet untuk menguji tingkat kedahsyatan penawaran yang dimaksud.
Menurut Tung Dasem, sesation offer biasanya terkait tiga hal. Yakni diskon, hadiah dan batas waktu atau jumlah.
Misalnya, “discount 45 persen bagi pelanggan yang memasukkan cucian di hari selasa dan rabu”. Hal ini selain menggate pelanggan baru, juga menghindari penumpukkan cucian di akhir pekan.
Bisa juga dengan penawaran begini “Discout khusus bagi yang hari ini ulang tahun”. Padahal bisa saja ada catatan, discount berlaku bagi yang ulang tahun dengan jumlah sekian kg. Selebinya harus bayar. Ingat promosi jangan sampai rugi kecuali anad berniat sedekah. Itu beda lagi urusan.
Terkait waktu, penawaran meski diberikan waktu. Misalnya, khusus yang memasukkan pakaian ke laundry hari selasa dan rabu saja, discount sekian persen.
Ketiga fowrfull promise, atau janji yang kuat. Maksudnya, jika anda melakukan promosi, janjikan sesuatu yang akan didapatkan calon pelanggan. Namun ingat memberi janji harus logis dan harus bisa ditepati. Jangan sampai pelanggan mengharpkan janji dalam promosi tidak ditepati. Ini malah bunuh diri bagi usaha kita.
Sesnsation offer dengan powerfull promis sedikit mirip, keduanya saling melengkapi. Janji yang kuat dalam promosi bisanya disampaikan dengan cara penawaran yang lebih sensasional. Kita pernah melihat iklan di TV, “dengan menggunakan pesawat A silahkan bawa pulang mobil B (merek terkenal)” Bagaimana tidak ngiler, dengan membeli tiket pesawat yang ratusan ribu rupiah, ada pelaunag dapat hadiah mobil seharga miliaran rupiah.
Kembali pada powerfull promise untuk promosi laundry anda. Misalnya, “berlangganan 5 bulan bayar dimuka, dapatkan hanphone terbaru (merek ternama)”. Tentu masih banyak lagi cara anda berpromosi. Lakukan secara berulang-ulang jangan cuma satu kali.
Sebisa mungkin anggarkan biaya promisi laundry anda secara terukur. Lakukan dengan teknis yang berbeda sehingga suatu saat menemukan trik jitu dengan teknik USP tadi. Selamat mencoba. (*)
Share This

1 komentar:

  1. Salam sukses dari kami
    untuk anda yang membutuhkan mesin pengering,
    setrika uap, konversi, dan perlengkapan laundry lainnya silahkan
    menghubungi kami di web www.bospengering.com atau langsung telpon kami
    ke 081221673020; pin bb 59F141F2, Line : Bospengering, Facebook : Bos
    Pengering

    BalasHapus

Hubungi Kami

Tertarik dengan bisnis kami? Silahkan hubungi kami :)



Designed By Blogger Templates