Tips Promosi laundry "terdahsyat"
Begini Promosi Laundry “Dahsyat” Model Tung Desem Waringin
JURAGAN LONDRY – Promosi merupakan cara kita memberi informasi, mengajak
kepada orang lain supaya mau atau menggunakan jasa dan produk yang kita
tawarkan. Gol dari promosi terjualnya suatu produk atau jasa.
Begitupun dalam bisnis laundry. Promosi itu perlu dilakukan, sepanjang waktu
dengan berbagai cara. Misalnya melalui brosur, surat kabar atau melalui media
sosial modern seperti FB maupun twitter bahkan blog pribadi.
Nah kali ini saya ingin membahas tentang strategi psomosi saran dari Tung
Desem Waringin dalam bukunya Marketing Revolution. Sebtulnya ini tujuh pekat
jurus promisi yang masing-masing jurus bisa diterapkan pada berbagai kegiatan
promosi dengan produk atau jasa yang berbeda.
Mari kita ambil satu jurus promosi saran Tung Desem Waringin. Yakni fokus
pada USP. U : ultimate adventage. S: Sesantional offer dan P: Powerfull
promise.
Pertama ultamate advantege. Kita sudah tahu bahwa bisnis laundry merupakan bisnis seputar jasa mencuci, tidak lebih. Semua pebisnis laundry melakukan hal
yang sama. Nah bagaimana supaya kita memberi penawaran yang ultimate advantage
sehingga calon pelanggan terkesan dan mau menjadi pelanggan setianya.
Ultamate adventege artinya kita menonjolkanj apa yang lebih dari jasa
laundry yang kita punya. Silahkan eksplor kelebihan laundry yang sedang kita
jalankan.
Misalnya jika laundry pesaing menawarkan cucian 2 hari, coba berikan
penawaran “Cuci 6 jam atau satu hari selesai. Tidak selesai uang kembali atau
tidak dibayar”
Silahkan buat dispanduk besar-besar “laundry buka 24 jam, sehari selesai.
Tidak selesai jangan dibayar. Wangi sepanjang hari”. Walaupun tentu saja kita
juga memberi catatan ketika pelangan datang, yang sehari selesai dengan hahrag
sekian, lebih mahal dari pada yang biasa. Lalu yang bisa dikerjakan sehari
minimal 3-5 kg pakaian pelanggan.
Kedua, sensation offer atau penawaan yang sensasi. Beri penawaran yang
bombastis namun tetap rasional. Banyak kata yang mesti anda coba baik di
sepanduk maupun leaflet untuk menguji tingkat kedahsyatan penawaran yang
dimaksud.
Menurut Tung Dasem, sesation offer biasanya terkait tiga hal. Yakni diskon,
hadiah dan batas waktu atau jumlah.
Misalnya, “discount 45 persen bagi pelanggan yang memasukkan cucian di hari
selasa dan rabu”. Hal ini selain menggate pelanggan baru, juga menghindari
penumpukkan cucian di akhir pekan.
Bisa juga dengan penawaran begini “Discout khusus bagi yang hari ini ulang
tahun”. Padahal bisa saja ada catatan, discount berlaku bagi yang ulang tahun
dengan jumlah sekian kg. Selebinya harus bayar. Ingat promosi jangan sampai
rugi kecuali anad berniat sedekah. Itu beda lagi urusan.
Terkait waktu, penawaran meski diberikan waktu. Misalnya, khusus yang
memasukkan pakaian ke laundry hari selasa dan rabu saja, discount sekian
persen.
Ketiga fowrfull promise, atau janji yang kuat. Maksudnya, jika anda
melakukan promosi, janjikan sesuatu yang akan didapatkan calon pelanggan. Namun
ingat memberi janji harus logis dan harus bisa ditepati. Jangan sampai
pelanggan mengharpkan janji dalam promosi tidak ditepati. Ini malah bunuh diri
bagi usaha kita.
Sesnsation offer dengan powerfull promis sedikit mirip, keduanya saling
melengkapi. Janji yang kuat dalam promosi bisanya disampaikan dengan cara
penawaran yang lebih sensasional. Kita pernah melihat iklan di TV, “dengan
menggunakan pesawat A silahkan bawa pulang mobil B (merek terkenal)” Bagaimana
tidak ngiler, dengan membeli tiket pesawat yang ratusan ribu rupiah, ada
pelaunag dapat hadiah mobil seharga miliaran rupiah.
Kembali pada powerfull promise untuk promosi laundry anda. Misalnya,
“berlangganan 5 bulan bayar dimuka, dapatkan hanphone terbaru (merek ternama)”.
Tentu masih banyak lagi cara anda berpromosi. Lakukan secara berulang-ulang jangan
cuma satu kali.
Sebisa mungkin anggarkan biaya promisi laundry anda secara terukur. Lakukan
dengan teknis yang berbeda sehingga suatu saat menemukan trik jitu dengan
teknik USP tadi. Selamat mencoba. (*)
Salam sukses dari kami
BalasHapusuntuk anda yang membutuhkan mesin pengering,
setrika uap, konversi, dan perlengkapan laundry lainnya silahkan
menghubungi kami di web www.bospengering.com atau langsung telpon kami
ke 081221673020; pin bb 59F141F2, Line : Bospengering, Facebook : Bos
Pengering